Peringatan BPOM: Kantong Plastik Kresek dan PVC Berbahaya

Add caption
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melalui kepala BPOM Husniah Rubiana Thamrin Akib di Jakarta, Selasa memberikan peringatan terhadap dua kemasan makanan berbahaya bagi kesehatan kerena mengandung bahan logam berat. Kedua kemasan yang mengandung racun ini adalah plastik polivinil klorida (PVC) dan kantong plastik kresek.
Kantong kresek itu kebanyakan produk daur ulang,dan dalam proses daur ulang tersebut bahan yang digunakan sebelumnya tidak diketahui apa bekas wadah pestisida limbah rumah sakit, limbah logam berat, atau limbah manusia, sehingga sangat membahayakan kesehatan.
Sementara PVC yang terbuat dari monomer vinyl clorida tidak ikut bereaksi saat proses pembuatan plastik dan dapat tercampur dengan makanan yang berminyak atau berlemak, terutama dalam keadaan panas.
Dia memaparkan, dalam pembuatan PVC ditambahkan penstabil senyawa timbal (tb), timah putih (sn), katnium (cd), residu, dan bahan lainnya yang berbahaya bagi kesehatan. “Bahan kimia tersebut mengakibatkan kanker hati, racun bagi ginjal, syaraf, kanker paru, dan dapat menggangu sistem endokrin.”

sumber :http://blog.becouz.net/peringatan-bpom-kantong-plastik-kresek-dan-pvc-berbahaya.html

0 komentar:

Posting Komentar